Rabu, 21 November 2012

Makalah Pendidikan Karakter di Sekolah

MAKALAH PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ini merupakan makalah tentang pendidikan yang disampaikan dalam Seminar dan Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru yang diselenggrakan oleh PGRI Kabupaten Brebes.

Penanaman karakter dalam pendidikan. Ilustrasi:  smpn2pagerwojo.wordpress.com
Makalah yang mengangkat masalah bagaimana penerapan pendidikan karakter di sekolah ini dalam kesimpulannya menyebutkan bahwa, pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat. 


Mahatma Gandhi memperingatkan tentang salah satu tujuh dosa fatal, yaitu “education without character” (pendidikan tanpa karakter). Dr. Martin Luther King juga pernah berkata: “Intelligence plus character….that is the goal of true education” (Kecerdasan plus karakter….itu adalah tujuan akhir dari pendidikan sebenarnya). Juga Theodore Roosevelt yang mengatakan: “To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat).

BACA DAN DOWNLOAD. Baca dan download pembahasan lebih detail dalam makalah ini dengan mengklik gambar di bawah.


File makalah pendidikan karakter ini tersedia dalam format microsoft word office setebal 10 halaman.

PANDUAN DOWNLOAD. Kesulitan saat membaca atau mendownload?, baca panduannya di Cara Download. Dan apabila ingin menyimak berbagai judul makalah lainnya, simak daftar lengkapnya di Daftar Makalah.

Semoga makalah pendidikan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar