Kamis, 03 Januari 2013

Makalah Filsafat | Dimensi Kajian Filsafat Ilmu

MAKALAH FILSAFAT | DIMENSI KAJIAN FILSAFAT ILMU adalah sebuah makalah tentang Filsafat Ilmu dengan judul "Dimensi Kajian Filsafat Ilmu". Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Filsafat Ilmu oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar.

Pembahasan dalam makalah ini akan memaparkan tentang dimensi kajian filsafat ilmu terutama pada ontologi, epistomologi, dan aksiologi. Yang pertama di sebut landasan ontologism, cabang ini menguak tentang objek apa yang di telaah ilmu? Bagaimana ujud yang hakiki dari objek tersebut ? bagaimana hubungan antara objek tadi dengan daya tangkap manusia (seperti berpikir, merasa dan mengindera) yang membuakan pengetahuan?. 


Kedua, landasan epistimologis, berusaha menjawab bagaimna proses yang memungkinkan di timbanya pengetahuan yang berupa ilmu? Bagaimana prosedurnya? Hal-hal apa yang harus di perhatikan agar kita mendapatkan pengetahuan yang benar? Apa yang disebut kebenaran itu sendiri? Apakah kriterianya? Cara, teknik, dan sarana apa yang membantu kita dalam mendapatkan pengetahuan yang berupa ilmu?. 

Sedang yang ketiga, landasan aksiologi. Landasan ini akan menjawab, untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu di pergunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral? Bagaimana kaitan antara teknik prosedural yang merupakan operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral/professional?
 
Jadi untuk membedakan jenis pengetahuan yang satu dari pengetahuan-pengetahuan lainnya. Dengan mengetahui jawaban-jawaban dari ketiga pertanyaan ini maka dengan mudah kita dapat membedakan berbagai jenis pengetahuan yang terdapat dalam khasanah kehidupan manusia. Hal ini memungkinkan kita mengenali berbagai pengetahuan yang ada seperti ilmu, seni dan agama serta meletakkan mereka pada tempatnya masing-masing yang saling memperkaya kehidupan kita. Tanpa mengenal ciri-ciri tiap pengetahuan dengan benar maka bukan saja kita dapat 2 memanfaatkan kegunaanya secara maksimal namun kadang kita salah dalam menggunakannya.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah filsafat ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar