Rabu, 05 Desember 2012

Skripsi Olah Raga Sepak Takraw

SKRIPSI OLAH RAGA SEPAK TAKRAW ini adalah sebuah skripsi dengan judul Perbedaan Latihan Smesh Kedeng Antara Bola Digantung dan Diumpan dengan Kaki Terhadap Kemampuan Smesh Sepak Takraw Bagi Pemain Yunior Putera Klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2005. Skripsi ini disusun oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Pemain putri sepak takraw sedang melakukan smesh. Ilustrasi: berita8.com

ABSTRAK. Penelitian ini berjudul  “Perbedaan latihan smesh kedeng antara bola digantung dan diumpan dengan kaki terhadap kemampuan smesh sepak takraw bagi pemain yunior putera klub Padang Jagad Kabupaten Demak tahun 2005”. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan latihan smesh  kedeng antara  bola digantung dan diumpan dengan kaki, dan untuk mengetahui yang lebih baik antara latihan smesh kedeng bola digantung dan diumpan dengan kaki terhadap kemampuan smesh sepak takraw. Populasi penelitian ini pemain sepak takraw yunior putera klub Padang Jagad Kabupaten Demak tahun 2005 yang berjumlah 30 pemain. 

Teknik pengambilan sampel menggunakan  teknik total sampling, yaitu dengan mengikutkan seluruh pemain sepak takraw yunior putera yang terdaftar dalam klub Padang Jagad di Kabupaten Demak tahun 2005. 

Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan memberikan perlakuan terhadap dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberi perlakuan latihan smesh  kedeng dengan cara bola digantung, dan kelompok eksperimen diberi perlakuan latihan smesh kedeng dengan
cara bola diumpan dengan kaki.
 
Perhitungan statistik  dengan rumus t-test dan menggunakan pola M–S. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar 2,389 lebih besar dari pada nila t tabel yaitu sebesar 2,145 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 14, artinya ada perbedaan antara dua kelompok, dengan demikian ada perbedaan antara latihan smesh  kedeng bola digantung dan bola diumpan dengan kaki. Berdasarkan mean masing-masing kelompok, mean kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol, yaitu MXe= 17,8 > MXk= 15. ini menunjukkan bahwa latihan smesh kedeng dengan cara bola diumpan dengan kaki lebih baik dibandingkan dengan cara bola digantung.
 
Atas dasar hasil penelitian ini disarankan : 1) Latihan smesh kedeng dengan cara bola diumpan dengan kaki dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan smesh kedeng dalam sepak takraw. 2) Hendaknya para pelatih sepak takraw se-Kabupaten Demak dan para pembaca dapat memakai metode latihan smesh kedeng dengan cara bola diumpan dengan kaki dalam latihan smesh kedeng pada permainan sepak takraw
di klub masing-masing. 3) Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembanding bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya skripsi ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.



PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul skripsi lainnya, baca Daftar Skripsi.

Semoga makalah tentang islam ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar