Minggu, 16 Desember 2012

Artikel Reinventing Nilai Islam Tentang Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter

ARTIKEL REINVENTING NILAI ISLAM TENTANG PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER adalah sebuah artikel dengan judul selengkapnya Reinventing (Penggalian Kembali) Nilai-nilai Islam Mengenai Peranan Guru Dalam Pendidikan Karakter. Artikel yang ditulis oleh Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Abdul Munip, M.Ag ini disampaikan dalam acara Diskusi Forum Lingkar Hijau BEM Fakultas Ilmu Pendidikan UNY (02/03/2009).

Peran guru dalam pendidikan karakter. Ilustrasi: gurukreatif.wordpress.com

Pendidikan kita dihadapkan pada sejumlah problem yang bersifat makro dan mikro. Pada tataran makro, setidaknya ada dua permasalahan mendasar, yaitu orientasi filosofis dan arah kebijakan. Secara tersurat, tujuan pendidikan nasional kita sungguh sangat ideal karena menjangkau semua dimensi kemanusiaan kita
(religiusitas, etis, fisik, keilmuan, dan  life skill), tetapi terjadi  gap antara cita-cita dengan upaya dan instrumen untuk mencapai cita-cita tersebut. Implementasi pendidikan kita sering lebih menciptakakan manusia yang bertipe mekanistik daripada humanistik. Berbagai kebijakan juga seringkali mengebiri dan sengaja mengerdilkan pendidikan. Pada tataran mikro, kita dihadapkan pada kesenjangan kualitas yang sangat jauh antar lembaga pendidikan dalam hal in put siswa, ketersediaan sarana, SDM, lingkungan, dan lain-lain.

Sejumlah ahli  pendidikan mencoba untuk merumuskan konsep-konsep tentang pendidikan karakter, dan sebagiannya lagi bahkan sudah melangkah jauh dalam mempraktekannya. Tulisan ini mencoba untuk ikut  urun rembug  dengan melakukan  reinventing atau penggalian kembali nilai-nilai Islam terutama tentang peranan guru dalam dunia pendidikan. Hal ini perlu dilakukan agar kita (umat Islam, yang merupakan mayoritas warga bangsa ini) tidak asing Abdul Munip Tarbiyah UIN Suka Yogyakarta dengan tradisi keilmuannya sendiri. Bukankah pendidikan karakter akan lebih berhasil jika para pelakunya diberi arahan yang berasal dari tradisinya sendiri?

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya artikel ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.



PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar