Senin, 22 Oktober 2012

Makalah Sejarah Umum Pendidikan di Nusantara


Makalah Sejarah Umum Pendidikan di Nusantara ini adalah makalah yang mempunyai judul lengkap Sejarah Umum Pendidikan di Nusantara dalam Perspektif Teori Pendidikan Kritis. Penulis menampilkan makalah ini dalam beberapa tahapan sejarah, mulai dari Pendidikan; dari Feodalime Hingga Kolonialisme di Nusantara; Pendidikan; Fase Kemerdekaan Hingga Orde Baru di Nusantara; hingga Pendidikan; Fase Reformasi Menuju BHP.

Berikut makalah Sejarah Umum Pendidikan di Nusantara dalam Perspektif Teori Pendidikan Kritis;

Tidak ada manusia yang bisa lepas dari kebutuhan pokoknya sebagai keniscayaan proses kontiunitas kehidupannya. Manusia setiap hari selalu dihadapkan pada tantangan untuk mengembangkan diri dalam menacapai kehidupan yang sejahtera. Dalam memenuhi kebutuhan hidupanya semua manusia dituntut untuk bekerja (berproduksi). Diera globalisasi dan modern dewasa ini, manusia dituntut untuk memilikli skill dan kemampuan (capital social) untuk mengoprasikan alat produksi yang telah disediakan dan dikuasai semua oleh kapitalisme. Satu-satunya ruang formal yang diberikan bagi kita untuk mendapatkan skill adalah lembaga pendidikan. Namun apakah sesederhana itu fungsi dari pendidikan kita saat ini?

Pendidikan zaman dahulu. Gambar ilustrasi: edubedoobali.wordpress.com
 
Secara harfiah, pendidikan berasal dari kata didik, yang berarti  memelihara dan memberi latihan. Pendidikan kemudian biasa didefinisikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik; (Kamus Besar Bahasa Indonesia). pendidikan adalah sebuah proses dialektika manusia untuk mengembangkan kemampuan akal pikirnya, menerapkan ilmu pengetahuan dalam menjawab problem-problem sosial, serta mencari hipotesa-hipotesa baru yang kontekstual terhadap perkembangan manusia dan zaman. Pendidikan merupakan media untuk mencerdaskan kehidupan rakyat dan bangsa, sekaligus instrumen yang akan melahirkan tenaga-tenaga intelektual dan praktisi sebagai penopang bagi perkembangan hidup masyarakat.

Pada setiap zaman, pendidikan tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai  serta hubungan-hubungan yang berlaku dalam sebuah masyarakat. Pendidikan sebagai satu instrumen kebudayaan negara (supra struktur), adalah cerminan dari sebuah hubungan produksi dalam setiap masyarakat. Sedangkan dalam pandangan kita tentang negara bahwa negara adalah alat dari klas berkuasa yang akan terus berkontradiksi dengan klas yang dikuasai. Sehingga pendidikan akan menjadi alat dari klas yang berkuasa untuk menanamkan ide klasnya sekaligus menjadi alat bagi klas berkuasa tersebut untuk menghisap klas yang dikuasai.

Perkembangan pendidikan dinusantara ini tidak bisa dilepaskan dari fase-fase perkembangan masyarakat nusantara. Karena dengan mempelajari sejarah dari perkembangan masyarakat yang ada dinusantara ini kita akan menemukan pisau analisa yang jelas terhadap problematika pendidikan yang terjadi saat ini.

makalah Sejarah Umum Pendidikan di Nusantara dalam Perspektif Teori Pendidikan Kritis ini selengkapnya dapat di download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar