Rabu, 24 Oktober 2012

Makalah Pengertian Pembagian dan Fungsi Hadits

Makalah dengan judul Pengertian, Pembagian, dan Fungsi Hadits ini merupakan makalah tentang "Ilmu Hadits" yang mencoba menguraikan tentang pengertian, pembagian, dan fungsi hadits. Makalah Agama Islam setebal 22 halaman A4 ini cukup sistematis yang terdiri atas 3 bab. Bab pertama adalah Pendahuluan yang berisikan latar belakang, tujuan pembahasan, dan rumusan masalah.

Bab Kedua berisikan tiga pokok pembahasan yaitu pengertian hadits, pembagian hadits, dan fungsi hadits. "Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama Islam selain Al-Qur'an, Ijma dan Qiyas, dimana dalam hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an." demikian disebutkan dalam salah satu bagian makalah ini.

Hadits. Gambar ilustrasi: maramissetiawan.wordpress.com


Selanjutnya juga diuraikan tentang pembagian hadits baik berdasarkan jumlah periwayatnya, berdasarkan kualitas sanad dan matan sanad, bersadarkan kedudukan dalam hujjah, serta berdasarkan perkembangan sanadnya. Dan bab Kedua ini kemudian diakhiri dengan pembahasan mengenai fungsi hadits.

Bab Ketiga adalah Penutup yang berisikan kesimpulan dari kesemua pembahasan di bab sebelumnya. Tidak ketinggalan, makalah tentang Pengertian, Pembagian, dan Fungsi Hadits ini juga dilengkapi dengan Daftar Pustaka.



Jadi bagi yang memang membutuhkan bahan referensi tentang hadits, kayaknya makalah ini patut dipertimbangkan.

Selengkapnya makalah berjudul Pengertian, Pembagian, dan Fungsi Hadits ini dapat dibaca dan didownload secara gratis dalam bentuk file microsoft word. Untuk membaca atau langsung mengunduh (download) silakan klik gambar di bawah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar